Sayur asem merupakan olahan sederhana yang kaya akan manfaat bagi tubuh, untuk membuatnya terbilang mudah dengan resep sayur asem khas Jawa barat.

Resep Sayur Asem Khas Jawa Barat Sederhana

Sayur asem merupakan olahan sederhana yang kaya akan manfaat bagi tubuh, untuk membuatnya terbilang mudah dengan resep sayur asem khas Jawa barat. Sayur ini merupakan olahan dari berbagai sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh Kamu mulai dari terong hingga kacang panjang.

Sayur asem memiliki rasa yang asam dan terkadang beberapa orang membuatnya dengan agak lebih pedas. Sayur asem ini hampir ada di seluruh Indonesia, tapi yang populer dari Jawa barat. Makanan ini ternyata sudah ada sejak puluhan tahun saat jaman penjajahan Belanda.

Memiliki rasa yang asem menyegarkan dan enak sayur ini cocok sebagai teman nasi. Sebelum mengetahui cara membuatnya dengan resep sayur asem khas Jawa barat ketahui terlebih dahulu pemilihan sayur yang segar. Dengan kualitas sayur yang segar bukan hanya rasanya enak tapi manfaatnya juga akan lebih terasa.

Ketahui Cara Memilih Sayuran Segar untuk Sayur Asem

Membuat sayur asem dengan resep sayur asem khas Jawa barat memerlukan bahan-bahan berkualitas salah satunya sayuran. Sayuran merupakan bahan pokok untuk membuat sayur ini. Karena pada dasarnya makanan ini merupakan gabungan dari beberapa sayuran.

Pemilihan jenis sayuran dengan kualitas baik sangat penting dilakukan. Sayuran dengan kualitas segar sangat baik bagi tubuh Kamu. Tenang, Kamu tidak perlu khawatir salah dalam memilih sayuran berikut ini beberapa ciri dari sayuran dengan kualitas segar.

  1. Warna sayuran berwarna cerah.

Ketika Kamu ingin membeli bahan untuk membuat sayur asem pastikan memilih bahan sayurannya yang berwarna cerah karena menandakan masih segar. Sebaliknya ketika menemui sayurannya yang berwarna agak pucat dari warna aslinya jangan dibeli karena pertanda sayuran tersebut berkualitas buruk.

  1. Pilihlah yang daunnya tidak layu.

Ketika Kamu memilih sayuran berdaun pastikan memerhatikan kesegarannya dengan dilihat dari daunnya apakah masih kencang atau tidak. Jika daunnya sudah sedikit layu atau mudah sekali untuk kusut berarti menandakan bahwa daun tersebut sudah tidak berkualitas lagi.

  1. Tidak mengeluarkan bau.

Salah satu ciri dari sayuran dengan kualitas baik adalah tidak mengeluarkan bau kurang enak. Sebaliknya jika kualitasnya sudah tidak berkualitas biasanya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu biasanya sayurannya juga akan ditandai lembek jika kualitasnya sudah buruk.

  1. Pilihlah sayuran yang berlubang.

Sayuran berlubang bukan berarti memiliki kualitas buruk akan tetapi hal tersebut menandakan bahwa sayurannya bebas pestisida. Pestisida adalah bahan kimia untuk menghilangkan hama, pada manusia zat dari pestisida ini berbahaya dapat menyebabkan beberapa gangguan seperti iritasi pada kulit hingga kanker.

Resep Sayur Asem Khas Jawa Barat Mudah Dibuat di Rumah

Membuat makanan dengan resep sayur asem khas Jawa barat merupakan hal yang tepat jika Kamu sedang ingin belajar masak dan ketika sedang menghemat. Cara pembuatan makanan ini sangat sederhana sehingga cocok untuk dijadikan menu utama belajar memasak.

Makanan berkuah ini merupakan salah satu makanan populer yang ada di Indonesia khususnya Jawa barat. Nah, untuk mencoba membuat makanan ini tidak perlu pusing karena terkadang di warung atau pasar tradisional menyediakan paket sayuran untuk sayur asem. Untuk cita rasa yang enak berikut resep sayur asem khas Jawa barat.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  1. Labu siam satu buah di iris dadu terlebih dahulu.
  2. Kacang panjang potong menyerong.
  3. Jagung satu dipotong menjadi dua.
  4. 4 buah melinjo atau di sesuaikan kebutuhan.
  5. Daun melinjo secukupnya.
  6. 45 gram Kacang tanah yang sudah direbus terlebih dahulu hingga empuk.
  7. Asam Jawa 1 siung.
  8. Air secukupnya.
  9. Garam serta gula disesuaikan saja.

Bumbu dihaluskan terlebih dahulu:

  1. Lima siung bawang merah.
  2. Dua siung bawang putih.
  3. Tiga buah cabai merah.
  4. Satu sendok teh terasi atau setengah potong saja.
  5. Tiga butir kemiri sudah disangrai.

Cara pembuatan:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci bersih semua bahan-bahan agar lebih higienis. Selanjutnya rebus air dengan api kecil. Masuk semua bahan-bahan seperti lengkuas, labu siam dan lain-lain ke dalam panci berisi air rebus hingga semua bahan matang. Simpel dan mudah.

Ketika Kamu menggunakan resep sayur asem khas Jawa barat di atas dalam 45 menit saja sudah bisa menghasilkan sayurnya untuk 5 porsi. Makan sayur asem ini dengan nasi atau tambahkan tempe agar berasa makanan khas Sundanya.

Resep Sayur Asem Daging Sapi

Seiring berkembangnya jaman makanan khas dengan sayuran ini memiliki beragam variasi, salah satunya menggunakan daging sapi. Ketika membuat sayur asem dengan tambahan daging sapi tentunya cita rasa akan lebih bervariasi, rasa gurih dari daging sapi bisa membuat nafsu makan Kamu bertambah.

Cara membuatnya hampir sama dengan resep sayur asem khas Jawa barat hanya bedanya ditambahkan daging saja. Agar tidak bingung berikut ini resep sayur asem daging sapi yang enak serta guruh mudah untuk dibuat di rumah.

Bahan-bahan:

  1. Daging sapi 250 gram atau disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Satu buah labu siam di iris dadu terlebih dahulu.
  3. 3 Kacang panjang potong menyerong.
  4. Satu jagung dipotong menjadi dua.
  5. 3 buah melinjo atau secukupnya.
  6. 2 daun melinjo.
  7. 40 gram Kacang tanah yang sudah direbus terlebih dahulu hingga empuk.
  8. Asam Jawa 1 siung.
  9. Air secukupnya.
  10. Garam serta gula secukupnya.

Bumbu halus:

  1. 4 siung bawang merah.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 3 buah cabai merah atau sesuai selera.
  4. Setengah potong terasi.
  5. 4 butir kemiri disangrai.

Cara pembuatan:

Langkah pertama cuci terlebih dahulu semua bahan khususnya daging sapi. Rebus daging sapi terlebih dahulu agar empuk, rebus sekitar 2 menit lalu tiriskan. Selanjutnya panaskan air menggunakan panci, gunakan api kecil. Selanjutnya masukan semua bumbu serta bahan-bahan lain. Jangan lupa daging sapinya masukan juga, tunggu sekitar 25 menit.

Manfaat Sayur Asem Bagi Kesehatan

Makanan yang khas dengan sayuran-sayuran ini selain rasanya yang enak ternyata memiliki segudang manfaat. Manfaat ini sangat baik bagi tubuh Kamu. Ketik membuat sayur asem menggunakan asam Jawa memiliki beragam manfaat seperti batuk, sariawan, keputihan, dan masih banyak lagi.

Selain dari asem Jawanya, kacang panjang yang terdapat di makanan ini juga memiliki manfaat untuk mengontrol gula darah. Sehingga ketika Kamu menderita masalah diabetes sayur ini makanan ini sangat cocok untuk menjaga gula darah tetap normal. Banyak lagi manfaat yang bisa Kamu dapatkan ketika mengonsumsi makanan ini.

Adanya melinjo pada makanan khas Jawa barat ini bermanfaat untuk Antioksidan, menangkal radikal bebas, dan masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. Selain itu jagung pada sayur asem memiliki banyak manfaat berkat kandungan vitamin yang melimpah.

Bukan hanya itu saja, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa Kamu dapatkan ketika mengonsumsi sayur asem ini. Semua bahan-bahan dari makanan tersebut memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan, jadi ketika mengonsumsinya selain enak juga menyehatkan.

Mengonsumsi makanan ini secara rutin dua kali dalam seminggu dapat memberikan Kamu beragam manfaat untuk kesehatan. Sayuran pada makanan ini membuat manfaatnya semakin bertambah. Agar rasa makanan ini lebih enak gunakan resep sayur asem khas Jawa barat.