Tidak perlu jauh datang ke Kuningan sekarang kamu dapat membuatnya di rumah dengan resep peyek kuping khas daerah Kuningan jawa barat

Resep Peyek Kuping Khas Daerah Kuningan Jawa Barat

Kuningan merupakan daerah dengan kulinernya yang bervariasi salah satunya peyek kuping, nah ternyata membuat peyek kuping tidaklah sulit asalkan Kamu tahu resep peyek kuping khas daerah Kuningan Jawa barat. Agar peyek Kamu hasilnya renyah dan enak simak artikel ini hingga selesai.

Kota Kuningan merupakan gudangnya makanan mulai dari makanan berat hingga cemilannya. Kuningan merupakan salah satu kota kecil dari provinsi Jawa barat yang lingkungannya masih bersih serta asri. Banyak orang yang rela pergi jauh pergi ke Kuningan hanya untuk berlibur menikmati alamnya dan rindu dengan makanannya.

Salah satu cemilan yang populer di Kuningan adalah peyek kuping dengan beragam pilihan yaitu kacang, serta udang. Namun, untuk merasakan cita rasa yang renyah dan gurih ini Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kuningan. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep peyek kuping khas daerah Kuningan Jawa barat.

Resep Peyek Kuping Khas Daerah Kuningan Jawa Barat dengan Kacang

Peyek merupakan makanan yang cocok untuk dijadikan teman makan, atau hanya dijadikan untuk cemilan saja. Peyek kuping adalah makanan khas dari Kuningan yang banyak disenangi oleh semua kalangan baik anak-anak atau orang dewasa menyukai makanan ini.

Untuk membuatnya terbilang gampang asalkan Kamu mengerti cara membuatnya. Nah, agar Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Kuningan berikut ini resep peyek kuping khas daerah Kuningan Jawa barat yang bisa Kamu coba di rumah dengan mudah.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan

  1. Satu kilogram kacang tanah.
  2. Satu kilogram tepung beras yang sudah di ayak terlebih dahulu.
  3. 386 gram tepung tapioka, ayak terlebih dahulu.
  4. Dua liter santan kelapa.
  5. Dua butir telur ayam yang sudah di kocok.
  6. Empat puluh lembar dan jeruk yang sudah di iris.
  7. Garam secukupnya.
  8. Minyak kelapa secukupnya.
  9. Air secukupnya.

Bumbu yang sudah dihaluskan:

  1. Satu sendok makan ketumbar.
  2. 45 gram bawang putih.
  3. 45 gram kencur.

Cara pembuatannya:

Langkah pertama potonglah kacang menjadi dua bagian. Setelah itu campurkan semua bahan yang sudah disiapkan kecuali kacang serta minyak kelapa. Aduk semua bahan hingga merata jangan sampai masih terlihat butiran-butiran tepung. Kamu bisa mengaduknya dengan manual atau juga menggunakan mixer kue.

Selanjutnya panaskan minyak hingga terlihat mendidih lalu kecilkan api kompor. Bentuk adonan peyek kuping menggunakan sendok sayur lalu tambah kacang. Simpan adonan tersebut pada sisi dalam wajan lalu siram dengan minyak kelapa hingga adonan peyek jatuh. Goreng hingga 5 menit atau hingga warna peyek kekuningan. Setelah itu tiriskan dan sudah bisa dinikmati.

Resep Peyek Kuping Khas Daerah Kuningan Jawa Barat dengan Campuran Udang

Selain menggunakan kacang Kamu juga bisa menggunakan udang untuk membuat cita rasa yang lebih gurih. Memang ketika Kamu menggunakan udang biaya pengeluaran membuat cemilan ini akan lebih mahal tapi sebanding dengan hasil masakan yang akan dirasakan.

Untuk membuatnya sangat gampang sama seperti membuat peyek dengan bahan kacang. Nah, agar tidak salah dalam membuatnya berikut ini resep peyek kuping khas daerah Kuningan Jawa barat yang bisa Kamu coba buat di rumah dengan mudah.

Bahan-bahan:

  1. 110 gram udang atau disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. 250 gram tepung beras, sudah di ayak.
  3. 30 gram tepung sagu, sudah di ayak terlebih dahulu.
  4. 66 ml santan.
  5. Ketumbar bubuk secukupnya saja.
  6. Lada bubuk secukupnya.
  7. Kaldu ayam atau sapi secukupnya.
  8. Minyak kelapa.
  9. Air secukupnya.

Cara pembuatan:

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencuci udang terlebih dahulu hingga bersih. Buang kepala serta kelupas kulitnya hingga benar bersih. Selain itu buang juga kotoran yang ada di perut udang karena bisa membuat cita rasa udang berkurang.

Setelah itu campurkan semua bahan yang sudah disiapkan kecuali udang serta minyak kelapa. Aduk semua bahan hingga merata jangan sampai masih terlihat butiran tepungnya. Kamu bisa mengaduknya dengan manual atau agar lebih praktis dan cepat Kamu bisa menggunakan mixer kue.

Selanjutnya panaskan minyak di wajan hingga mendidih lalu kecilkan api. Bentuk adonan berbentuk bulat lalu pipihkan menggunakan sendok setelah itu masukan udang ke dalamnya. Setelah adonan jadi simpan di pinggir wajan lalu guyur menggunakan minyak hingga adonan jatuh. Goreng hingga adonan berwarna coklat.

Peyek dengan Campuran Kacang Serta Udang Lebih Nikmat

Selain membuat dua jenis peyek udang serta kacang, kamu juga bisa mencampurkan keduanya. Rasa gurih dari kacang serta daging udang yang lezat membuat nafsu makan Kamu akan semakin bertambah. Cara membuatnya sama saja dengan resep peyek kuping khas daerah Kuningan Jawa barat di atas.

Bahan-bahan:

  1. Kacang tanah sudah di potong terlebih dahulu.
  2. Udang disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Tepung terigu serta tepung beras.
  4. 66 ml santan.
  5. Kaldu ayam atau sapi.
  6. Garam setengah sendok teh .
  7. Air secukupnya.
  8. Minyak kelapa.

Cara pembuatan:

Untuk cara pembuatannya sama seperti peyek kacang dan udang, Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan hingga merata kecuali udang dan kacangnya. Selanjutnya panaskan minyak kelapa di wajan menggunakan api kecil. Setelah itu tinggal simpan adonan di pinggir wajan lalu guyur dengan minyak. Goreng hingga berwarna kekuningan.

Tambah Nikmat ketika makan Peyek dengan Bumbu Banjur

Setelah membuat peyek menggunakan resep peyek kuping khas daerah kuningan Jawa barat selanjutnya mari kita membuat bumbunya. Dengan adanya bumbu atau kuah ini dapat membuat rasa dari peyek lebih enak. Namun penggunaan kuah ini sesuai selera saja, jika Kamu tidak suka makan tidak perlu membuatnya.

Panduan bumbu yang pedas dengan cita rasa peyek khas Kuningan yang gurih membuat nafsu makan Kamu bertambah. Nah, untuk membuatnya sangatlah gampang sama seperti membuat sambal saja. Berikut cara membuatnya yang bisa Kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan:

  1. 110 gram oncom
  2. Enam siung bawang merah
  3. Tiga siung bawang putih.
  4. Cabai merah dan rawit sesuai selera.
  5. Satu batang serai.
  6. Satu batang daun bawang yang sudah di iris.
  7. Setengah sendok teh terasi.
  8. Garam secukupnya.
  9. Kaldu bubuk secukupnya.
  10. Salam satu helai daun saja.
  11. Dua daun jeruk.
  12. Kencur secukupnya.
  13. Air secukupnya.

Cara pembuatan:

Langkah pertama untuk membuatnya cuci bersih terlebih dahulu semua bahan. Lalu iris semua bahan yang ada hingga tipis. Goreng oncom terlebih dahulu hingga berwarna kuning. Setelah itu Kamu tinggal campurkan semua bahan menggunakan cobek hingga halus.

Selanjutnya tumis bawang terlebih dahulu menggunakan minyak kelapa hingga harum. Selanjutnya Kamu tinggal masukan air dan tunggu hingga beberapa menit saja. Gunakan api kecil agar panasnya merata. Langkah terakhir tinggal masukan bumbu ini ke mangkuk dan bumbu banjur ini sudah bisa Kamu nikmati sebagai pelengkap peyek.

Peyek merupakan makanan yang bisa Kamu nikmati dengan nasi panas atau dijadikan cemilan saja. Nah agar lebih nikmat Kamu bisa mencampurkannya dengan bumbu banjur menggunakan resep di atas. Selain itu agar peyek hasil buatan Kamu enak dan renyah perhatikan setiap langkah-langkah resep peyek kuping khas daerah Kuningan Jawa barat.