Penjelasan mengenai resep semur terong tahu khas jawa barat yang sangat mudah diterapkan secara mandiri dan dijamin rasanya enak berbeda dari lainnya!

Resep Semur Terong Tahu Khas Jawa Barat Terenak

Siapa yang hobinya memasak tentu saja harus mengetahui resep semur terong tahu khas Jawa Barat. Mengingat Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai kekayaan dunia kuliner terlebih wilayah Jawa bagian barat. Jangan sampai lupa bahwa Tanah Air punya jenis makanan berbeda-beda dari ujung ke ujung.

Dari sabang sampai merauke terdapat kuliner lezat yang bisa dinikmati semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali. Usahakan mulai sejak dini untuk mengetahui jenis-jenis makanan sebab ciri khas setiap daerah sangat unik dan tradisional. Salah satu kuliner paling menggugah selera kerap disebut dengan semur terong tahu.

Dinilai resep semur terong tahu khas Jawa Barat belum diketahui banyak orang, tentunya kamu harus memahami mulai sekarang juga. Menjadi kulineran khas Jabar, tentu saja bisa memanjakan lidah penikmat wisata makanan. Mungkin bagi kamu sebagai salah satu penyuka wisata kuliner akan langsung tertarik setelah merasakannya.

Cita rasanya yang cukup unik dan dinilai sangat enak membuat seseorang dijamin langsung ketagihan mencoba lagi. Apabila dilihat dari penampilan awal mungkin belum tentu menggugah selera, tetapi jika dirasakan baunya sangat sedap. Bahkan ini menjadi menu paling banyak dicari oleh masyarakat ketika berdatangan ke restoran.

Akan sulit jika harus datang langsung ke sebuah resto, lebih baik mulai sejak dini cobalah untuk memahami seluruh resepnya. Karena kami akan menjelaskan secara rinci mulai dari awal sampai cara memasak dengan benar. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah pembahasan lengkap yang mudah dipahami.

Asal Usul Resep Semur Terong Tahu Khas Jawa Barat

Semur pada dasarnya dikenal sebagai olahan daging dengan cita rasa cukup nikmat dikarenakan dibuat menggunakan perpaduan banyak bahan. Jika sudah pernah merasakan secara langsung dapat dipastikan ada sensasi rasa rempah. Apalagi di Indonesia kaya akan rempah seperti beberapa jenis diantaranya kemiri, kayu manis, cengkeh, dll.

Pemberian beberapa rempah pilihan pada makanan tentu bisa membuat sensasi lebih syahdu ketika sedang dinikmati. Apalagi ditambah suasana dingin dipastikan membuat selera makan bertambah semakin tinggi dan pastinya membuat diri sendiri ingin mencoba terus. Semur sering hadir pada saat ari raya Idul Fitri.

Sejarahnya semur pada umumnya sebelum resep semur terong tahu khas Jawa Barat ditemukan ternyata cukup unik. Bagaimana tidak keunikan tersebut muncul karena makanan jenis ini hasil dari perpaduan banyak budaya antar negara. Hal ini dibuktikan dengan adanya akulturasi mulai Indonesia, Belanda, dan juga Cina.

Tradisi tersebut telah berjalan sejak pada zaman purba berlangsung, dikarenakan masyarakat sering mengolah daging. Nah, seiring berjalannya waktu daging semur kini menjadi tradisi yang dijadikan sebagai masakan tradisional setempat. Lalu lama kelamaan resep ini dikembangan banyak orang hingga terdapat banyak jenis mulai cara memasaknya, dsb.

Menjadi satu-satunya makanan terpopuler yang tidak lekang oleh waktu, tentunya kamu mulai detik ini juga wajib memahami resep utuhnya. Kami akan jelaskan seluruh cara pemasakan mulai dari bahan yang dibutuhkan. Langsung saja perhatikan inti pembahasan berikut supaya semakin mudah membuat makanan khas tanpa ke restoran.

Bumbu Lengkap yang Mudah Didapatkan

Penggunaan resep semur terong tahu khas Jawa Barat ternyata hanya menggunakan bahan yang kerap ditemui di sekitar tempat tinggal. Mungkin ketika mengunjungi pasar terdekat sudah ada bahan lengkap tinggal membayar tanpa harus pusing mencari. Bahan utama menyesuaikan judul di atas yaitu kehadiran terong.

Penggunaan terong dijadikan sebagai barang pertama yang dibutuhkan untuk memperlancar proses pembuatan makanan di atas. Kalau baru pertama kali mencoba, usahakan jangan terlalu memakai banyak bahan demi menghindari risiko membuang secara sia-sia. Lalu mulailah dengan menyiapkan terong ungu berjumlah empat buah saja sudah cukup.

Kemudian untuk mengikuti resep utama pada semur, sudah pasti harus menggunakan daging sapi pada bagian yang paling kenyal. Keberadaan daging sapi menjadi bahan utama mulai sejak dini harus disiapkan secukupnya. Jika melihat dari porsi di atas, gunakan kurang lebih 100 gram daging sapi saja.

Lalu diperlukan juga tahu berjumlah 50 gram sebagai pelengkap resep semur terong tahu khas Jawa Barat. Perhatikan penggunaan air karena perlu kurang lebih 1.700 ml untuk menyelesaikan proses pemasakan hingga matang nantinya. Namun minyak goreng juga tidak ketinggalan sebab dipakai untuk memasak seluruh bumbunya.

Bumbu Agar Rasa Makanan Enak

Memasuki ke tahap persiapan bumbu tentunya mulai sekarang cobalah untuk menggunakan bawang merah tanpa jenis yang putih. Bumbu harus dipenuhi supaya rasa yang tercipta semakin enak saat makanan sudah disajikan nantinya. Sebanyak 8 siung, gunakan seluruhnya untuk dihaluskan terlebih dahulu sebelum nantinya dimasak.

Bukan hanya itu saja, penggunaan cabai merah juga dibutuhkan untuk menciptakan pedas, namun sesuai selera saja. Tidak perlu berlebihan jika tidak ingin terlalu pedas bisa menggunakan cabai sedikit. Gunakan juga setengah sendok teh pala yang telah dihaluskan menjadi butiran halus supaya mudah meresap ke masakan.

Resep semur terong tahu khas Jawa Barat selanjutnya berupa tambahan merica dalam jumlah secukupnya saja yaitu seperempat sendok teh. Tambahkan juga kecap manis kurang lebih sebanyak sepuluh sendok guna memperjelas rasa manis yang khas pada semur. Untuk menambahkan rasa manis juga perlu menggunakan gula pasir.

Tetapi garam juga dibutuhkan sebagai pencolok agar ada rasa gurih pada makanan saat telah matang nantinya. Kemudian kini kita masuk ke cara pembuatan, di mana paling awal adalah bersihkan seluruh daging dipotong kecil-kecil. Panaskan tahu sampai mendidih, kemudian tinggal ditiriskan, lalu iris bawang dan cabai.

Proses Pembuatan Semur dengan Mudah

Memasuki pada tahap pembuatannya, tentu langkah pertama harus panaskan minyak goreng dengan memakai api kompor panas. Setelah itu masukkan saja bumbu cabai merah dibarengkan dengan bawang merah ke sebuah wajan. Tunggu waktu beberapa saat sampai muncul aroma nikmat dan berubah menjadi kecokelatan, baru masukkan daging.

Namun sebelumnya sesuai resep semur terong tahu khas Jawa Barat agar rasa daging terasa lebih empuk harus direbus terlebih dahulu. Merebus daging harus sampai matang supaya tingkat lunak dapat dicapai secara cepat. Lalu ketika daging telah dimasukan, tambahkan merica, pala, hingga garam secukupnya.

Sambil menunggu proses pencampuran sampai merata, kamu dapat menuangkan kaldu sambil diaduk terus menerus. Penuangan kaldu setelah bumbu tercampur rata, setelah itu juga harus diaduk lagi hingga mencampur. Hampir selesai, tuangkan sejumlah bahan utama berupa terong dan tahu sesuai kebutuhan ketika saat memasak kuliner khas.

Diaduk kembali hingga merata, kemudian kamu juga wajib menuangkan kecap manis secukupnya demi menambah selera semakin menggugah. Tunggu kuah mendidih sampai suhu berada di atas 100 derajat celcius, kemudian masukkan cuka sedikit. Aduk kembali dan makanan ini siap disajikan dengan cantik untuk disantap bersama keluarga.

Semur terong tahu telah selesai dibuat dengan memakai langkah chef terbaik di Indonesia yaitu masyarakat daerah tradisional. Dengan mengetahui seluruh penjelasan di atas dipastikan kamu bisa menambah wawasan seputar dunia kuliner. Kini resep semur terong tahu khas Jawa Barat dapat dicoba sendiri tanpa harus boros.