Memahami resep kue adas khas jawa barat terlengkap yang dapat dibuat sendiri secara mudah dengan rasa terbaik sebagai hidangan penutup paling nikmat.

Resep Kue Adas Khas Jawa Barat dengan Cara Pembuatannya

Adanya resep kue adas khas jawa barat kini memudahkan para pecinta dunia kuliner yang semakin berkembang pesat. Mungkin sebagian besar masyarakat di Tanah Air masih awam terhadap keberadaan kue adas. Padahal kue ini masuk ke dalam jajaran cemilan terlezat jika dinikmati setiap saat.

Perkembangan dunia kulineran tidak akan pernah habis, dibuktikan dengan selalu ada penemuan terbaru yang membuat penikmat terhindar dari kebosanan. Untuk kalian yang ingin mendapatkan resep terbaik khas dari Jabar, tentunya perhatikan seluruh pembahasan ini. Jangan khawatir bila baru pertama kali berada di dapur untuk memasak.

Dikarenakan resep kue adas khas jawa barat mudah diterapkan secara langsung oleh setiap kalangan tanpa memandang skill dalam dapur. Yang diperlukan hanyalah ketelatenan dan konsentrasi untuk memahami caranya. Jika berbicara mengenai wisata kuliner tentu saja dari Sabang sampai Merauke telah banyak makanan tradisional berbagai daerah.

Malah hampir semua daerah terdapat masakan tradisional yang ditemukan oleh masyarakat setempat, biasanya sudah ada sejak zaman dulu. Masuk sebagai makanan khas kota Pekalongan, tentunya mulai sejak dini kamu harus mengetahui. Sebab cita rasa di dalamnya sangat enak apalagi jika baru pertama kali merasakan.

Hal pertama timbul dari benak diri sendiri sudah pasti ketagihan untuk mencoba berkali-kali, sebab hanya satu percobaan tidak akan cukup. Namun sebelum mengetahui seluruh resepnya secara jelas, kami sarankan untuk memahami sebuah asal usul penamaan terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti pembahasan kami selengkapnya.

Asal Usul Resep Kue Adas Khas Jawa Barat

Tidak sah berkunjung ke Pekalongan jika belum mencoba langsung kelezatan dari kue tersebut, dikarenakan menjadi salah satu makanan terfavorit pecinta kuliner. Bahkan bagi penikmat makanan tradisional mungkin menjadi serbuan ketika sedang mendatangi kota tersebut. Bila belum sempat bermain di kota Pekalongan, tentunya jangan cemas.

Asal nama kue ini belum diketahui dengan jelas, namun pada dasarnya memiliki bahan dasar adas manis. Keunikan pada makanan kecil berasal dari Pekalongan mudah didapatkan ketika berkunjung langsung, tetapi di kota lain dipastikan tidak ada. Kamu harus mencoba dengan memasak langsung demi menghilangkan rasa penasaran.

Penemuan resep kue adas khas jawa barat juga berasal dari warga sekitar dan dinamai dengan sederhana agar mudah diingat. Ketika baru pertama kali mendengar jenis kudapan tersebut dipastikan seseorang gampang mengingat dalam waktu lama. Dikarenakan memiliki nama sederhana dan unik, perhatikan keberadaan kudapan khas Pekalongan.

Masyarakat dengan mudah menikmati jajanan tradisional berbentuk kue setiap tahun yaitu saat lebaran tiba. Seperti keberadaan kue pada umumnya, ini juga disediakan pada waktu hari raya Idul Fitri. Yang pasti untuk menyambut kedatangan sanak saudara yang datang dari luar kota bahkan hanya diberikan kepada tetangga.

Tentunya banyak masyarakat kangen terhadap keberadaan jajanan unik Pekalongan, oleh sebab itu hanya ditemukan setiap tahun. Tetapi jangan khawatir sebab kami akan memberikan penjelasan lengkap melalui pembahasan di bawah ini. Langsung saja perhatikan selengkapnya agar paham isinya secara detail serta mudah mencoba resepnya secara langsung.

Siapkan Bumbu Secara Lengkap Terlebih Dahulu

Dalam resep kue adas khas jawa barat tentunya terdapat beberapa bumbu yang perlu disiapkan mulai dari sekarang. Seperti pada pembuatan makanan jenis lain, tentu saja hal ini akan membantu memudahkan seseorang jika ingin membuat. Karena bisa melihat langsung dengan mengurutkan dari awal sampai akhir.

Bahan utama dari pembuatannya sendiri adalah tepung ketan, mungkin takaran bisa disesuaikan dengan banyak atau sedikitnya porsi. Namun kami sudah menetapkan dalam takaran tetap yaitu berjumlah seratus gram. Selain itu gunakan juga tepung beras dengan jumlah yang sama supaya menciptakan tekstur terbaik saat sudah jadi.

Mengingat kuliner di atas cenderung condong ke dalam rasa manis, tentunya gunakan seratus gram gula pasir halus. Jangan sampai kurang maupun berlebihan supaya muncul rasa imbang dari bahan satu dengan lainnya. Gula pasir sangat berguna demi menambahkan cita rasa sesungguhnya dari ciri khas kue adas.

Jajanan tradisional ini mempunyai resep kue adas khas jawa barat terunik, sebab membutuhkan bahan-bahan berbeda dari kudapan lain. Gunakan vanila bubuk dalam takaran kecil saja, kurang lebih satu cubitan jari. Hal tersebut bertujuan memberikan wangi serta rasa dari makanan bisa disajikan lebih enak.

Gunakan Daun Pisang untuk Membungkus

Bungkusan dari jajanan tersebut memanfaatkan daun pisang yang masih segar, tujuannya supaya cita rasa tetap terjaga. Bahkan tradisionalnya kue ini dapat dilihat langsung dari bungkusnya, kalau ternyata pakai daun pisang sudah pasti asli. Lalu persiapkan juga air hangat sebanyak kebutuhan yang pasti berperan penting.

Kelapa juga dibutuhkan untuk topping, tetapi wajib diparut secara kasar terlebih dahulu sebelum digunakan. Dikarenakan parutan kelapa dapat membuat tekstur kudapan semakin renyah dalam menyentuh mulut selama dinikmati pecinta kuliner. Belum habis, bahan berikutnya terdapat garam yang diperlukan namun hanya seperempat sendok teh saja.

Setelah semua resep kue adas khas jawa barat tersebut mampu dipenuhi, tentunya kamu akan memasuki tahap selanjutnya. Proses pembuatan sebuah jajanan tradisional ini cukup mudah, asalkan kamu memahami sampai benar-benar jelas. Ketika mengunjungi pasar tradisional, pasti akan menemukan makanan adas yang telah dibungkus rapi.

Demi mengurangi rasa penasaran kamu mulai sekarang juga cobalah untuk mengikuti penjelasan berikutnya. Sebab kami sudah menyediakan resep sekaligus dengan cara lengkap agar kamu bisa mencoba langsung dari rumah. Apalagi sekarang seluruh aktivitas hampir dilakukan di rumah, ikutilah penjelasan di bawah ini sampai akhir.

Proses Membuat Kue Adas Termudah

Melihat jumlah peminat dinilai semakin tinggi, tentunya kuliner jenis satu ini tidak dapat dibuat seenaknya sendiri. Butuh racikan khusus seperti yang kami berikan berasal langsung dari masyarakat tempat pencetusan pertama kali. Wisata kuliner berkembang pesat membuat para masyarakat harus mengetahui jalannya pembuatan mulai dari awal.

Setelah memahami resep kue adas khas jawa barat, pertama cobalah untuk mencampur tepung ketan dari awal dengan beberapa bahan lainnya. Antara lain kehadiran gula, vanili, hingga kelapa yang telah diparut tinggal diaduk sampai merata. Proses pengadukan tidak perlu menghabiskan waktu lama, penting sudah dicampur.

Lalu sesudah dicampur sampai rata kini saatnya kam memberikan sedikit percikan air panas supaya menjaga kelembaban. Langkah berikutnya adalah memanfaatkan daun pisang untuk menutup seluruh bagian dari kue tersebut sampai akhirnya menjadi keras. Biarkan kurang lebih selama 30 menit, dan baru dibuka untuk dimasukan cetakan.

Masukkan ke sebuah cetakan sesuai ukuran yang diinginkan, jangan sampai melebihi batas waktu yang disediakan. Jangan lupa untuk memberikan alas sebelum kudapan diletakkan ke wadah tertentu seperti loyang. Langkah terakhir adalah mengukus sampai 30 menit, ketika sudah matang dapat hidangkan dan dinikmati secara bersama-sama.

Ternyata mudah juga untuk membuat kue favorit dari banyak masyarakat seluruh wilayah di Indonesia harus mencoba memasak sendiri. Setelah memahami seluruh caranya, kini saatnya kamu terapkan agar dapat merasakan langsung tanpa kesulitan. Tentunya resep kue adas khas jawa barat tersebut berasal dari warga asli Pekalongan.